Didalam
dunia pendidikan saat ini yang dikatakan cerdas adalah yang nilai ujiannya 100,
yang matematikanya jago, yang IQ nya tinggi.
Namun pernyataan itu tidak selalu benar. Banyak orang IQ – nya tinggi tetapi gagal dalam hidup. Maka disadari bahwa IQ meskipun tinggi namun bukan segala–galanya. Perlu disadari pula dengan penemuan SQ ( spiritual quotient) dan EQ ( emotional quotient ) maka IQ, EQ, dan SQ perlu dikembangkan secara bersamaan, agar seseorang berhasil. Prof. Dr.Howard Gardner seorang psikolog dan ahli pendidikan dari Universitas Harvard AS merumuskan teorinya Multiple Intelligences ( kecerdasan ganda / majemuk ).
Namun pernyataan itu tidak selalu benar. Banyak orang IQ – nya tinggi tetapi gagal dalam hidup. Maka disadari bahwa IQ meskipun tinggi namun bukan segala–galanya. Perlu disadari pula dengan penemuan SQ ( spiritual quotient) dan EQ ( emotional quotient ) maka IQ, EQ, dan SQ perlu dikembangkan secara bersamaan, agar seseorang berhasil. Prof. Dr.Howard Gardner seorang psikolog dan ahli pendidikan dari Universitas Harvard AS merumuskan teorinya Multiple Intelligences ( kecerdasan ganda / majemuk ).
Dengan
teori Multiple Inteligensinya Gardner menekankan, bahwa kecerdasan tidak hanya
berupa kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas di sekolah saja yang lebih
banyak kaitannya dengan kemampuan verbal logis, melainkan kecerdasan itu adalah
kumpulan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memahami informasi,
mengumpulkan fakta dan menyampaikan pengetahuan yang didapatnya.
Pembagian
Kecerdasan Manusia:
Sebelum menerapkan MI sebagai suatu strategi dalam
pengembangan potensi seseorang, perlu kita kenali atau pahami ciri-ciri yang
dimiliki seseorang.
1. Kecerdasan
Linguistik
Kecerdasan dalam mengolah kata-kata secara efektif
baik bicara ataupun menulis (jurnalis, penyair, pengacara, editor , dramawan, sastrawan, orator).
Kemampuan
ini berkaitan dengan penggunaan bahasa secara umum.
Orang
yang memiliki intelegensi linguistik tinggi akan berbahasa dengan lancar, baik,
dan lengkap.
Ia
mudah untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, mudah belajar
beberapa bahasa. Orang tersebut dengan mudah mengerti urutan dan arti kata-kata
dalam belajar bahasa. Mereka mudah untuk menjelaskan, mengajarkan, dan
menceritakan pemikirannya pada orang lain.
Tokoh terkenal seperti : Sukarno, Paus Yohanes Paulus II, Winston Churhill.
Ciri-ciri :
a.
dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan
efektif lewat kata-kata
b. gemar membaca dan
dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas
c. suka menulis
kreatif
d. suka mengarang kisah
khayal atau menceritakan lelucon
e. sangat hafal
nama, tempat, tanggal atau hal-hal kecil
f. membaca di
waktu senggang
g. mengeja kata dengan
tepat dan mudah
h. suka mengisi
teka-teki silang
i. menikmati
dengan cara mendengarkan
j. unggul
dalam mata pelajaran bahasa (membaca, menulis dan berkomunikasi)
2.
Kecerdasan Matematis-Logis
Kecerdasan dalam hal angka dan logika (ilmuwan,
akuntan, programmer)
Kemampuan ini berkaitan dengan penggunaan bilangan dan logika secara efektif.
Orang yang memiliki intelegensi matematis-logis sangat
mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi dalam pemikiran serta cara mereka
bekerja.
Dalam menghadapi banyak persoalan, dia akan mencoba
mengelopokkannya sehingga mudah dilihat mana yang pokok dan yang tidak, mana
yang berkaitan antara satu dan lainnya, serta mana yang merupakan persoalan
lepas.
Maka dia tidak mudah bingung. Pemikiran orang dengan
intelegensi matematis-logis adalah induktif dan dedukti, jalan pikiran bernalar
dengan mudah mengembangkan pola sebab akibat.
Tokoh terkenal seperti : Einstein ( ahli fisika ), Habibie ( ahli pesawat )
Ciri-ciri :
a. mudah membuat
klasifikasi dan kategorisasi
b. berpikir dalam pola
sebab akibat, menciptakan hipotesis
c. pandangan
hidupnya bersifat rasional
d. menghitung problem
aritmatika dengan cepat di luar kepala
e. suka mengajukan
pertanyaan yang sifatnya analisis, misalnya mengapa hujan turun?
f. ahli dalam
permainan catur, halma dsb
g. mampu menjelaskan
masalah secara logis
h. suka merancang
eksperimen untuk membuktikan sesuatu
i.
menghabiskan waktu dengan permainan logika seperti teka-teki, berprestasi dalam
Matematika dan IPA
3.
Kecerdasan Visual-Spasial
Kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual (arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur, pemburu, dekorator)
Kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual (arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur, pemburu, dekorator)
Kemampuan untuk menangkap dunia ruang visual secara
tepat dan kemampuan untuk mengenal bentuk dan benda secara tepat serta mempunyai
daya imaginasi secara tepat.
Meski melihat dari jauh, ia dapat memperkirakan letak
benda itu.
Orang yang memiliki intelegensi ruang-visual tinggi
punya persepsi yang tepat tentang suatu benda dengan ruang disekitarnya, ia
dapat memandang dari berbagai sudut.
Maka, ia dapat menggambarkan kedudukan ruang dengan
baik.
Tokoh terkenal seperti Sidharta ( pemahat ), Pablo Pacasso ( pelukis )
Ciri-ciri :
a. kepekaan tajam
untuk detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang
b. mudah memperkirakan
jarak dan ruang
c. membuat sketsa
ide dengan jelas
d. memberikan gambaran
visual yang jelas ketika menjelaskan sesuatu
e. mudah membaca
peta atau diagram
f. menggambar
sosok orang atau benda persis aslinya
g. senang melihat film,
slide foto,atau karya seni lainnya
h. sangat menikmati
kegiatan visual,seperti teka-teki atau sejenisnya
i. suka
melamun dan berfantasi
j. mencoret-coret
di atas kertas atau buku tugas sekolah
k. lebih memahamai
informasi lewat gambar daripada kata-kata atau uraian
l. menonjol
dalam mata pelajaran seni
4.
Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
Kecerdasan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresiakan gagasan dan perasaan (atlet, pengrajin, montir, menjahit, merakit model, penari)
Kemampuan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Orang yang memiliki intelegensi kinestik-badani dengan mudah dapat mengungkapkan diri dengan gerak tubuh mereka. Apa yang mereka pikirkan dan rasakan dengan mudah diekspresikan dengan gerak tubuh, dengan tarian dan ekspresi tubuh. Mereka juga dengan mudah dapat memainkan mimik, drama, dan peran. Mereka dengan mudah dan cepat melakukan gerak tubuh dalam olahraga dengan segala macam variasinya. Yang sangat menonjol dalam diri mereka adalah koordinasi dan fleksibilitas tubuh yang begitu besar.
Tokoh terkenal seperti : Charlie Chaplin ( pemain pantonim yang ulung ), Steven Seagal ( actor )
Ciri-ciri :
a. cekatan dan tidak bisa tinggal diam
b.berminat dengan segala sesuatu
c. banyak bergerak ketika duduk atau mendengarkan
sesuatu
d. aktif dalam kegiatan fisik seperti berenang,
bersepeda, hiking atau skateboard
e. perlu menyentuh sesuatu yang sedang dipelajarinya
f. menikmati kegiatan melompat, lari, gulat atau
kegiatan fisik lainnya
g.memperlihatkan keterampilan dalam bidang kerajinan
tangan seperti mengukir, menjahit, memahat
h.pandai menirukan gerakan, kebiasaan atau prilaku
orang lain,
i. bereaksi secara fisik terhadap jawaban
masalah yang dihadapinya
j. suka membongkar berbagai benda kemudian
menyusunnya lagi
k.berprestasi dalam mata pelajaran olahraga dan yang
bersifat kompetitif
5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk musik dan suara (konduktor, pencipta lagu, penyanyi, komponis, dsb)
Kemampuan untuk mengembangkan , mengekspresikan dan menikmati bentuk – bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat musik, kemampuan menyanyi, kemampuan menciptakan lagu, kemampuan untuk menikmati lagu, musik dan nyanyian.
Tokoh terkenal seperti Beethoven, Mozart.
Ciri-ciri :
a. peka nada dan menyanyi lagu dengan tepat
b.dapat mengikuti irama
c. mendengar musik dengan tingkat ketajaman lebih
d.suka memainkan alat musik di rumah atau di sekolah
e. mudah mengingat melodi suatu lagu
f. lebih bisa belajar dengan iringan music
g.bernyanyi atau bersenandung untuk diri sendiri atau
orang lain
h.mudah mengikuti irama music
i. mempunyai suara bagus untuk bernyanyi
j. berprestasi bagus dalam mata pelajaran musik
6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak dan temperamen orang lain (networker, negotiator, guru, komunikator, fasilitator)
Kemampuan untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan , intensi, motivasi, watak, temperamen orang lain. Kepekaan akan ekspresi wajah, suara, isyarat dari orang lain juga termasuk dalam intelegensi inti. Secara umum intelegensi interpersonal berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan berbagai orang. Orang yang kuat dalam intelegensi interpersonalnya biasanya sangat mudah bekerja sama dengan orang lain, dan mudah berkomunikasi dengan orang lain. Hubungan dengan orang lain bagi mereka menyenangkan dan sepertinya keluar begitu saja secara otomatis.
Tokoh terkenal Mahatma Gandhi ( tokoh perdamaian India ), Ibu Teresa ( Pejuang kaum miskin )
Ciri-ciri :
a. menghadapi orang lain dengan penuh perhatian,
terbuka
b.menjalin kontak mata dengan baik
c. menunjukan empati pada orang lain
d. mendorong orang lain menyampaikan kisahnya
e. mempunyai banyak teman
f. suka bersosialisasi di sekolah atau di lingkungan
tempat tinggalnya
g.banyak terlibat dalam kegiatan kelompok di luar jam
sekolah
h.berperan sebagai penengah ketika terjadi konflik
antartemannya
i. berempati besar terhadap perasaan atau
penderitaan orang lain
j. sangat menikmati pekerjaan mengajari orang
lain
k.berbakat menjadi pemimpin dan berperestasi dalam
mata pelajaran ilmu sosial
7. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertidak secara adaptif berdasar pengenalan diri (konselor, teolog)
Kemampuan berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan untuk bertindak secara adaptif berdasar pengalaman diri serta mampu berefleksi dan keseimbangan diri. Orang ini punya kesadaran tinggi akan gagasan – gagasannya dan mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan pribadi.
Ia sadar akan
tujuan hidupnya, ia juga dapat mengatur perasaan dan emosinya sehingga
kelihatan tetap tenang.
Orang yang
menonjol dalam intelegensi intrapersonal biasanya mudah berkonsentrasi dengan
baik, dapat mengekspresikan perasaan-perasaan mereka yang berbeda dengan
tenang, pengenalan akan diri sendiri lebih mendalamdan seimbang, orangnya
kebanyakan reflektif, suka bekerja sendiri dan cenderung pendiam
Ciri-ciri :
a. membedakan
berbagai macam emosi
b. mudah mengakses
perasaan sendiri
c. menggunakan
pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya
d. mawas diri dan suka
meditasi
e. lebih suka
kerja sendiri
f. memperlihatkan
sikap independen dan kemauan kuat
g. bekerja atau belajar
dengan baik seorang diri
h. memiliki rasa percaya
diri yang tinggi
i. banyak
belajar dari kesalahan masa lalu
j. berpikir
fokus dan terarah pada pencapaian tujuan
k. banyak terlibat dalam
hobi atau proyek yang dikerjakan sendiri.
8. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan memahami dan menikmati alam dan menggunakanya secara produktif dan mengembangkam pengetahuan akan alam
(petani, nelayan, pendaki, pemburu)
Kemampuan untuk mengerti flora dan fauna dengan baik, menikmati alam, mengenal tanaman dan binatang dengan baik.
Orang yang
punya intelegensi lingkungan tinggi biasanya mampu hidup diluar rumah, dapat
berkawan dan berhubungan baik dengan alam, mudah membuat identifikasi dan
klasifikasi tanaman dan binatang.
Orang ini
mempunyai kemampuan mengenal sifat dan tingkah laku binatang, biasanya
mencintai lingkungan, dan tidak suka merusak lingkungan.
Tokoh terkenal Charles Darwin (dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasikan serangga, burung, ikan, mamalia, dan mengembangkan teori evolusi.
Ciri-ciri :
a. mencintai lingkungan
b.mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang
c. senang kegiatan di luar (alam)
d.suka dan akrab pada berbagai hewan peliharaan
e. sangat menikmati berjalan-jalan di alam terbuka
f. suka berkebun atau dekat dengan taman dan
memelihara binatang
g.menghabiskan waktu di dekat akuarium atau sistem
kehidupan alam
h.suka membawa pulang serangga, daun bunga atau benda
alam lainnya
i. berprestasi dalam mata pelajaran IPA,
Biologi, dan lingkungan hidup
Artikel terkait :
Artikel terkait :
No comments:
Post a Comment